Friday 13 July 2012

Inventory Control


Apakah yang dimaksud dengan INVENTORY CONTROL ?
Secara umum inventory control adalah pengendalian persediaan, meliputi semua barang yang dimiliki oleh perusahaan dan dipakai dalam proses produksi maupun berupa produk-produk jasa.

Pada dasarnya persediaan suku cadang haruslah disediakan sebanyak mungkin guna mendukung operasi unit dengan lancar akan tetapi, dengan adanya persediaan suku cadang yang besar akan memberikan konsekwensi terhadap biaya atau modal yang hares ditanggung sehingga perlu adanya kesepakatan antara jumlah modal dengan jumlah dan jenis suku cadang yang akan disimpan.

Masalah kebutuhan akan suku cadang pada umumnya tidak dapat direncanakan atau dipastikan karena, kerusakan suku cadang tidak semuanya dapat diperkirakan dan hal ini mempunyai kecenderungan pada tingkat yang berfluktuasi.

Pada saat akan menyediakan suku cadang berarti ada sejumlah uang yang terikat, dalam hal ini berarti kita harus menggerakkan setiap usaha untuk mengontrol dan mengurangi keterikatan tersebut.
Kenyataannya dalam hal persediaan ada dua masalah utama yang hares diperhatikan yaitu berapa besar jumlah minimum suku cadang yang hares disediakan dan berapa jumlah maksimumnya.
 
Fungsi parts inventory and planning

Inventory and planning section pada hakekatnya merupakan fungsi perencanaan, pengendalian dan pengelolaan parts yang tidak berhubungan langsung dengan customer maupun pengelolaan barang secara phisik.
Fungsi parts inventory ada 8 yaitu :
1. Pengendalian availability.
2. Pengendalian perputaran stock (inventory turn over).
3. Pengendalian lead time.
4. Pengendalian order.                                                 
5. Pengendalian phisik parts
6. Pengelolaan non moving parts dan dead stock.
7. Pengelolaan sistim informasi parts.
8. Pengendalian kualitas barang.


12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. We offer Buy Twitter followers, targeting audience, real account growth, safe and secure services as well as customized campaigns for you.

    ReplyDelete
  3. We offer Buy Twitter followers, targeting audience, real account growth, safe and secure services as well as customized campaigns for you.

    ReplyDelete
  4. You will have to post quality pictures, share compelling content, manage feedback properly, and upload the material that is needed by the users .

    ReplyDelete
  5. How to enter a casino without going through registration? - Dr. Michael Crouch
    If you want to enter your own bonus code then this might 원주 출장안마 be the only thing you need to do, 안양 출장샵 since 부천 출장마사지 you are 포천 출장안마 not allowed to 춘천 출장안마

    ReplyDelete